Tom Ford lahir di Austin, Texas pada tahun 1962, namun menghabiskan sebagian besar masa kecilku nya kembali di Santa Fe, New Mexico. Ibunya adalah seorang wanita Selatan menarik yang memiliki enam suami serta lemari meledak penuh Courrèges pakaian. Dia mengajarkan kepadanya bahwa menjadi buruk berpakaian adalah buruk-santun terhadap orang lain. Ia menghabiskan sejumlah besar kecilnya prihatin tentang bagaimana dia dianggap oleh orang lain. Lalu dia membelinya sepasang sepatu Gucci.

Tom Ford mendaftarkan diri pada program studi sejarah seni di New York University dan juga dilatih sebagai seorang aktor. Itu ada di sana ia menemukan klub malam Studio 54 mani dan Andy Warhol pabrik, dimana dia bertemu artis pop Andy Warhol untuk pertama kalinya. Dari saat itu, pendidikan adalah keluar dan berpesta di. Mendaftar sebagai model – pada satu tahap ia tidak kurang dari dua belas iklan TV yang berjalan pada waktu yang sama-ia dijatuhkan dari NYU setelah tahun pertamanya. Tom Ford bergabung Parsons sekolah desain di New York belajar arsitektur interior. Ia segera pindah ke menyimpulkan studinya di Parsons di Paris, Perancis. Oleh bagian terakhir dari program Ford menyimpulkan dia ingin bekerja dalam mode. Segera setelah dia menyelesaikan studinya pada tahun 1986, Ford dengan cepat kembali ke New York dimana dia jual parfum asli dan murah memulakan pelatihan spesialis nya.

Pada tahun 1986, ia bergabung dengan tim yang inovatif dari perancang terkenal Amerika Cathy Hardwick. Kemudian, pada tahun 1988, langkah karir cukup muncul ketika dia membuat pindah ke Perry Ellis mana ia mengambil pada posisi dari desain Direktur di bawah Marc Jacobs. Tom tidak membangun pengakuan untuk dirinya sendiri dalam perdagangan sampai ia dipindahkan ke Eropa pada tahun 1990 setelah pendaratan posisi dengan Gucci. Tom mitra, wartawan Richard Buckley, telah menjadi sakit melalui kanker dan, segera setelah ia diberi yang semuanya-jelas pada awal tahun sembilan puluhan, kedua memutuskan untuk meninggalkan stres New York dan kepala untuk Italia.
Ford dipekerjakan oleh Gucci maka Direktur kreatif Dawn Mello (sebelumnya kepala pembelian dengan Bergdorf-Goodman) sebagai pemimpin perempuan siap-pakai desain. Beberapa tahun berlalu, dan pada tahun 1992, ia naik tangga perusahaan dunia mode dan lagi punya tanggung jawab dari kepala desain. Perdagangan pergi buruk untuk Gucci dan Tom Ford hampir dihapus dari penggulingan oleh Maurizio Gucci pada tahun 1993, meskipun ini terbalik oleh Domenico de Sole, Ketua Gucci America Inc

Pada tahun 1995, ia mempekerjakan Perancis stylist Carine Roitfeld dan fotografer Mario Testino untuk menghasilkan serangkaian kampanye komersial modern untuk perusahaan. Pada bulan Maret 1995 ketika Amber Valletta sauntered sepanjang catwalk mengenakan hipsters blue velvet dengan kemeja satin hijau apel yang ramping, lampu pergi di dalam rumah Gucci. Dia terkandung Gucci glamour, berisiko, seksi, termutakhir dan sedikit kasar.

Setelah Gucci memutuskan untuk membeli saham pengendali di Yves Saint Laurent, Ford diangkat Direktur kreatif. Ford mengatakan rahasia prestasinya adalah energi nya, dan ia hanya tidur sekitar tiga jam malam. Penggemarnya selebriti memasukkan orang-orang seperti Madonna, Bianca Jagger dan Trudie Styler!

Ini berarti tanggung jawabnya termasuk desain dan konsepsi dari garis seluruh produk dalam perusahaan; pakaian, parfum, dan banyak lagi. Dia juga harus menghasilkan dan melaksanakan perusahaan melihat, kampanye publisitas ditambah desain toko. Tom Ford terus berubah menjadi diperdebatkan desainer paling berpengaruh pada dekade terakhir.

Pada pembukaan tahun pada helm, ia dikreditkan dengan meletakkan gaya kembali ke mode memperkenalkan Halston-gaya beludru hipsters, kurus satin baju dan sepatu bot paten metalik mobil-selesai. Gucci tumbuh menjadi perwujudan untuk keinginan, menawarkan paling aspiratif dan hedonistik semacam mode.
Tom diminta sedikit iklan aduk dengan iklan mendukung aroma M7 tubuhnya. Kampanye disajikan telanjang model Samuel de Cubber menampilkan dalam pose frontal penuh. Tetapi seperti Tom mengatakan: “parfum dipakai pada kulit, jadi mengapa menutupi tubuh? Kampanye M7 benar-benar murni, telanjang sangat akademik. Aku ingin menunjukkan seorang pria yang mewakili kesan yang murni dan santai keindahan laki-laki”.

Tom juga menghantam berita dengan nya sensasional Gucci iklan, yang mencakup wanita telanjang garis bikini yang pernah wax ke tampilan huruf ‘G’.
Pada tahun 2004, Ford meninggalkan Gucci, mengikuti perselisihan atas kontrak, dan rumor mengatakan bahwa Hollywood di pandangannya.